Bagaimana Cara Menghindari Teman yang Sering Curhat Pada Kita?

Di dalam dunia pertemanan, biasanya kita akan saling mencurahkan isi hati mengenai apa saja yang menurut kita ingin dibagikan kepada teman. Bahkan saat berkumpul, curhat adalah salah satu hal utama yang dilakukan hari itu. Memang, curhat bisa melegakan pikiran orang yang mencurahkan pikirannya, tetapi di sisi lain terkadang si penerima curhatan ternyata lama-lama bisa terbebani, loh.

Bagi kamu yang merasa terbebani mendapatkan curhatan teman namun kurang tega untuk menolaknya, berikut ini kami akan menunjukkan beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menghindari teman yang sering curhat pada kita.

Tips Menghindari Teman Suka Curhat

1. Jangan Ragu Bilang Sibuk

Jika kamu sedang merasa tidak ingin mendengarkan curhatan teman, maka janganlah ragu untuk menyampaikan kepadanya kalau kamu judi bola terpercaya sedang sibuk dan sedang tidak dapat diganggu. Bilang kepada mereka maaf dan mereka bisa coba menghubungi kamu di lain waktu. Setidaknya, cobalah tenang dulu dan menghindari curhatan dari teman kamu. Dengan demikian, frekuensi dia melakukan curhat akan menjadi berkurang. Lakukan terus misi ini sampai teman kamu menyadari bahwa kamu tidak memiliki banyak waktu untuk mendengarkan curhatan dia.

2. Sarankan Dia Lebih Sering Beribadah

Ada banyak orang yang berpendapat bahwa curhat yang paling baik adalah ketika kita beribadah kepada tuhan. Coba bilang ke teman kamu untuk meluapkan keluh-kesah kepada tuhan dan diiringi dengan doa yang baik agar bisa menguatkan diri.

Ini juga bisa menjadi arahan kepada teman kamu untuk lebih sering lagi melakukan ibadah. Dengan demikian, akan ada nilai lebih yang bisa ia dapatkan. Hati menjadi tenang dan dia bisa lebih mendekatkan diri kepada tuhan. Manfaatnya pun bisa lebih baik dari pada dia curhat pada kamu yang merasa terganggu dengan curhatannya.

3. Menyarankan Dia untuk Lebih Sibuk

Saat teman kamu curhat, cobalah sarankan dia untuk bisa lebih menyibukkan diri. Setidaknya dengan ada kesibukan, dia jadi tidak memiliki waktu luang buat curhat. Misalnya, dia menjadi lebih terkonsentrasi kepada pekerjaan, kuliahnya, atau bahkan lebih sibuk dalam menggali potensi diri. Dengan banyaknya kesibukan, tentu kesempatan untuk curhat menjadi terlupakan.

4. Berikan Empati

Meski kamu kurang suka dengan semua limpahan curhatan teman kamu, tapi coba tetap berikan dia empati. Selain itu, coba buat dia berpikir kalau semakin sering dia curhat pada kita, maka kita juga ikut terbebani. Tapi tetap berikan dia empati, karena dia juga manusia yang memiliki perasaan dan perasaannya perlu untuk didengarkan. Jadi, lihat suasana hati dari teman kamu yang sedang ingin curhat, lalu berikan dia empati.

5. Menghindar Perlahan

Jika kamu sudah melakukan poin-poin di atas dan teman kamu masih melakukan hal yang sama, cobalah untuk mulai menghindar secara pelan-pelan. Kamu sendiri yang dijadikan tempat curhat, jadi kamu juga memiliki hak untuk lari dari hal yang sebenarnya bukan tanggung jawab kamu itu. Cobalah mejauh dari teman yang bisa mengganggu kamu, karena kamu pasti juga butuh privasi untuk lebih membuat diri kamu sendiri tenang.

Nah, itulah beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menghindari teman yang suka curhat kepada kamu. Mendengarkan curhatan teman memang tidak ada salahnya, tetapi jika terus terjadi bukankah lama-lama kamu akan merasa lelah mendengarkan masalah orang lain? Untuk itu, semoga tips yang kami berikan ini bisa memberikan manfaat kepada kamu, ya.

Tentang Penulis

admin4