Jika Lupa Niat Puasa dan Tak Sahur, Bolehkah Lanjut Puasa? Ini Kata Buya Yahya

Salah satu rukun puasa adalah niat. Niat puasa Ramadhon dapat dijalankan mulai malam hari hingga sebelum adzan subuh. Jika tidak niat di waktu yang telah diatur, maka puasanya tidak legal.

Kecuali niat puasa, kita juga disunnahkan sahur. Sahur adalah makan atau minum sebelum mengawali berpuasa. Sahur dijalankan sebelum waktu imsak datang. Sahur adalah sunnah Rasulullah SAW sebagaimana termaktub dalam hadis riwayat Anas bin Malik.

Rasulullah SAW bersabda, “Sahurlah kalian, karena sesungguhnya dalam sahur terdapat barakah.” (Muttafaqun ‘alaih)

Di bulan Ramadhon, kadangkala kita lupa membaca niat puasa dan tidak sempat sahur. Pertanyaannya, bagaimana hukum puasa orang gates of olympus slot yang demikian? Jika puasanya dilanjutkan apakah legal?

Pertanyaan hal yang demikian pernah dilontarkan salah satu jemaah Al Bahjah ke ulama kharismatik KH Yahya Zainul Ma’bijaksana alias Buya Yahya. Simak berikut penjelasannya.

Saksikan Video Opsi Ini:

Penjelasan Buya Yahya

Buya Yahya membeberkan, dalam mazhab Imam Syafi’i dan jumhur ulama mazhab Imam Maliki dan Hambali bahwa bagi siapa saja yang tidak berniat di malam hari dan tidak sahur, maka puasanya tidak legal.

Akan melainkan, lanjut Buya Yahya, Sayyid Alwi Assegaf saat menjadi Mufti Makkah pernah menulis dalam suatu muqaddimah bahwasanya jikalau benar-benar lupa tidak niat dan tidak sahur, maka dapat melanjutkan puasanya dengan niat di pagi hari meniru pendapat Mazhab Imam Abu Hanifah.

“Pun itu diisyaratkan oleh Syekh Malibari dalam kitab Fathul Muin-nya. Barangsiapa di pagi harinya ia lupa belum niat, ia ingin berpuasa, maka hendaknya ia niat turut Mazhab Abu Hanifah,” kata Buya Yahya dikutip dari YouTube Al Bahjah Televisi, Rabu (13/3/2024).

Itu diisyaratkan dalam fikih Syafi\\’i bahwasanya orang televisi perlu dihargai dalam hal-hal semacam ini. Jangan lazim bilang gak legal gak puasa, kasian ia ia dalam rombongan orang-orang berpuasa,” lanjut Pengasuh LPD Al Bahjah ini.

Tentang Penulis

admin4