Makanan Khas Malaysia Paling Familiar, Sudah Pernah Coba?

Malaysia punya banyak hidangan lezat yang pasti terasa layak di lidah Indonesia. Pasalnya, masakan khas Malaysia kaya bumbu sehingga terasa betul-betul lezat. Selain itu, pengaruh beragam tradisi seperti India, Cina, dan Melayu juga menjadikan hidangan yang menggugah selera.

Nasi Lemak

Makanan khas Malaysia yang pertama merupakan nasi lemak, hidangan nasional negara tersebut. Hidangan ini dijadikan dengan nasi yang dirsebut di air dengan santan, daun pandan, dan beragam bumbu lainnya. Walhasil merupakan nasi yang gurih dan lezat.

Selanjutnya, hidangan ini disampaikan mahjong ways 3 dengan sambal, ikan teri goreng, dan kacang panggang. Hidangan pendampingnya bisa beragam seperti telur, tahu, cumi-cumi, ayam goreng, dan lain-lain.

Assam Laksa

Hidangan ini terbuat dari mie beras tebal yang disiram kuah kental. Kuah assam laksa memiliki rasa manis, gurih dan asam. Kemudian, hidangan ini dihidangkan dengan irisan ikan, taburan bawang yang diiris halus, mentimun, selada, nanaas, cabai merah, daun mint, dan tunas bunga kantan.

Sekilas rasanya memang mirip dengan tom yum, tapi rasanya lebih ringan. Kuahnya berwarna kekuningan kental dengan banyak rempah di dalamnya. Untuk mencicipi hidangan lezat ini, kamu bisa mampir ke Penang yang merupakan kota khas asal hidangan ini.

Curry Mee

Selanjutnya merupakan Curry Mee atau yang juga diketahui dengan nama Curry Laksa. Hidangan ini merupakan perpaduan dari masakan Cina, Melayu, Thailand, and India. Curry Mee merupakan semangkuk mie kuah yang dihidangkan dengan kecambah, irisan tahu, ayam, udang, daun bawang, irisan jeruk nipis, serta sambal.

Kuah kental hidangan ini memiliki campuran rasa pedas, gurih, dan kaya rasa rempah lainnya. Hidangan ini betul-betul terkenal di Malaysia sehingga betul-betul mudah ditemukan. Lazimnya, Curry Mee dirasakan ketika sarapan atau makan siang.

Roti Canai

Makanan khas Malaysia selanjutnya merupakan Roti Canai. Hidangan ini merupakan pengaruh dari tradisi India yang masuk ke Malaysia. Di negara ini, Roti Canai menjadi makanan sarapan yang betul-betul populer.

Roti ini terbuat dari tepung, air, dan mentega dan disusun bulat pipih. Kemudian, adonan dipanggang sejenak di atas sedikit minyak. Lazimnya, Roti Canai dirasakan bersama kari kambing atau domba. Rasanya yang gurih menjadikan hidangan ini betul-betul layak sebagai menu sarapan bersama masakan khas Malaysia lainnya.

Durian Goreng

Tak segala orang menyukai buah durian, tapi kalau kamu termasuk penyuka buah ini, maka jangan lewatkan hidangan istimewa dari Malaysiai ini. Metode membuat makanan ringan ini betul-betul mudah. Pertama, durian yang sudah matang dipisahkan dari bijinya, kemudian dilapisi dengan adonan yang terbuat dari tepung.

Selanutnya, durian yang sudah dilapisi adonan tepung digoreng dalam minyak panas sampai berwarna cokelat keemasan. Walhasil merupakan makanan ringan renyah di luar dengan tekstur yang lembut dan manis di bagian dalam. Rasa manis dan unik durian akan kian kuat sebab pelaksanaan penggorengan. Walhasil merupakan makanan ringan yang lezat dan kaya rasa.

Cemilan ini bisa dirasakan segera demikian itu saja atau ditambahkan dengan taburan sirop manis atau gula bubuk. Sebagian warung sekali-sekali juga menambahkan es krim atau susu kental manis untuk menambah rasa manis.

Tentang Penulis

admin4