Bagaimana Cara Menyadari Perasaan Kita Kepada Seseorang?

Cinta merupakan konsep abstrak yang sulit untuk dipahami. Banyak orang menjelaskan cinta dengan menggunakan perasaan, meski pun cinta tidak selalu mengenai perasaan. Inilah yang membuat banyak orang bingung dengan perasaannya sendiri, apakah ia suka pada orang tersebut atau tidak. Kesadaran kita kalau sedang suka seseorang biasanya akan datang secara tiba-tiba, meski membutuhkan waktu lama untuk dibangun.

Berikut ini kami akan menunjukkan beberapa hal yang menunjukkan kalau kita suka pada seseorang.

Tips Tau Suka Sama Orang

1. Memikirkan Hal yang Ia Sukai

Coba pikirkan berapa lama kamu sudah kenal dia, karena cinta pada pandangan pertama biasanya kurang realistis. Jika kamu sedang merasakan suka pada seseorang, maka pikirkan kamu sudah berapa lama kenal dia.

Pikirkan juga, apakah kamu ingin berhubungan dengannya atau hanya seseorang yang akan kamu kagumi dari jauh. Seberapa lama kamu sudah mengenal sosok ini secara pribadi. Ketahui hal-hal ini agar kamu bisa yakin dengan perasaan kamu sendiri.

2. Sadari Reaksi Tubuh Saat Memikirkannya

Banyak orang menyebutkan ada beberapa reaksi tubuh saat kita memikirkan tentang sosok yang kita sukai. Tanda-tanda tersebut terhubung ke beberapa titik di otak yang terhubung dengan hubungan, seperti:

  • Pupil-pupil terdilatasikan
  • Detak jantung yang cepat
  • Perasaan gugup
  • Telapak tangan berkeringat
  • Pipi memerah

3. Tanyakan Diri Kamu Sendiri Tentang Hubungan dengan Orang Ini

Ada banyak pertanyaan yang bisa kamu tanyakan pada diri kamu sendiri tentang orang ini. Menjawab pertanyaan-pertanyaan di bawah ini akan membantu kamu untuk lebih mempetegas mengenai perasaan yang sedang kamu rasakan.

  • Sejauh mana saya mengenal mereka?
  • Akan seperti apa hidupku tanpa mereka?
  • Apakah ketertarikan saya murni fisik/seksual, atau apakah saya juga tertarik pada kepribadian mereka?
  • Kapan saya memikirkan orang ini? Setiap waktu? Hanya ketika saya menginginkannya?
  • Apakah saya memikirkan masa depan saya termasuk mereka? Seperti apa masa depan itu?
  • Apa yang saya hargai dalam hubungan yang berkomitmen? Apakah orang ini memenuhi kebutuhan tersebut?
  • Apakah saya merasa didukung dan didorong oleh mereka?

Dan banyak pertanyaan lain yang bisa membantu kamu untuk menemukan jawaban tersebut.

4. Identifikasi Perasaan Pada Orang Ini

Terkadang rasanya mudah untuk suka pada orang, tapi yang sulit adalah membedakan apakah perasaan itu benar-benar cinta atau sekedar mengikuti nafsu belaka. Waktunya untuk menyadari perasaan kamu pada orang tersebut apakah perasaan romantis atau sekedar tertarik pada orang tersebut.

5. Tulis Apa yang Kamu Sukai Tentang Dia

Menulis hal-hal yang kamu suka tentang orang ini akan membantu kamu untuk menentukan apakah perasaan kamu benar-benar cinta atau hanya nafsu saja. Jika kamu lebih menuliskan kelebihan fisik dari orang ini, ada tanda kalau kamu sebenarnya tidak cinta padanya. Tetapi ini tidak selalu menjadi patokan, karena cinta bida datang dari mana saja.

6. Apakah Kamu Menerika Dia Apa Adanya?

Kekurangan adalah bagian dari kepribadian seseorang, begitu juga dengan kebaikan seseorang. Kamu butuh untuk menyadari apakah kamu mau menerima kekurangan dia, atau kamu malah berharap ada aspek yang berbeda dari dia sehingga kamu akan menerima dia seutuhnya?

7. Jika Yakin, Beritahu Dia Tentang Perasaan

Sekalinya kamu sudah menentukan kalau kamu suka dengan orang ini, maka ada baiknya kamu menunjukkan perasaan itu padanya. Ini akan memberikan kamu kesempatan kalau kamu dan dia ada di lembaran yang sama dan sama-sama ingin maju ke jenjang yang lebih memiliki ikatan.

Nah, itulah beberapa tips untuk kamu yang masih ragu dengan perasaan kamu sendiri.

Tentang Penulis

admin